Kamis, 03 Desember 2009

Persepsi Orang Tua akan Film Kartun Naruto dan pengaruhnya terhadap perubahan prilaku anak


PENDAHULUAN

A.Latar Belakang Masalah

Dalam setahun belakangan ini didalam dunia perfilman kartun sedang marak-maraknya yang namanya film kartun Naruto. Film ini mendapat sambutan hangat oleh masyarakat, baik anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa sekalipun sangat tertarik dengan film katun Naruto ini. Isinya menceritakan tentang seorang “NINJA” yang melindungi kampungnya dari serangan musuh dan di beri tugas untuk membantu kampung-kampung lain dalam menghadapi masalah. Dalam film kartun Naruto ini seorang ninja selalu bersama- sama dalam menghadapi setiap masah dan menjalin persahabatan yang begitu kuat satu dengan yang lainnya. Karena rasa ketertarikan masyarakat yang begitu besar pada film ini, menimbulkan kekhawatiran orang tua pada anak-anaknya, mereka takut anak mereka akan meniru adegan kekerasan dalam film tersebut yang disebabkn rasa keingintahuan anak tentang apa yang ditontonnya sehingga mencoba untuk melakukannya dan ingin menjadi ninja seperti yang ada didalam film tersebut.
Dalam hal ini orang tua harus dapat lebih ekstra dalam mengawasi anak-anaknya, sebab perubahan perilaku anak dapat disebabkan faktor-faktor seperti Media, teman sepermainan, keluarga, dan lingkungan. Berdasarkan penelitian, “Media” merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi perubahan perilaku anak karena dapat diperoleh atau di dapat dimana saja. Terutama media “audiovisual” yang saat ini menyajikan film kartun anak-anak yang kebanyakan tidak layak untuk dilihat dan jam tayang yang tidak tepat, yang menimbulkan kecederungan untuk terus menerus menonton tv sehingga membuat anak malas belajar, yang berpengaruh pada psikolog anak dan adanya perubahan perilaku anak untuk meniukan beberapa adegan yang mengarah pada kekerasan dalam film tersebut.
Berdasarkan uraian diatas, melihat pentingnya pengawasan orang tua pada anak. Sehingga orangtua mengetahui apa saja yang dilakukan, dan yang diterima anak mereka, yang dapat mempengaruhi perubahan perilaku anak. Hal ini membuat penulis merasa tertarik untuk permasalah dalam “Perepsi Orang Tua akan Film Kartun Naruto dan Pengaruhnya terhadap Perubahan Perilaku Anak”.


B. Identifikasi Masalah

Perubahan perilaku anak dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti media, teman sepermainan, keluarga, dan lingkungan.
Faktor media diatas merupakan faktor penting yang mempengaruhi perubahan perilaku anak yaitu:

1. Adanya rasa keingintahuan yang begitu kuat pada anak, untuk terus menerus menonton film kartun tersebut. Sehingga menyebabkan anak malas belajar dan berpengaruh pada psikolog anak yang membuat orang tua resah.
2. Perubahan perilaku anak untuk menirukan beberapa adegan yang mengarah pada kekerasan

C. Batasan Masalah

Dari identifikasi masalah sebelumnya hanya factor Media saja yang diteliti . media yang dimaksud hanya sebatas media audiovisual.


D. Rumusan Masalah

1. Bagaimana persepsi orang tua akan film kartun Naruto?
2. Bagaimana pengaruhnya terhadap perubahan perilaku anak?
3. Bagaimana hubungan film kartun naruto dan pengaruhnya terhadap perubahan perilaku anak?


E. Tujuan Penelitian

1. Mengkaji persepsi orang tua akan film kartun naruto
2. Mengkaji pengaruhnya terhadap perubahan perilaku anak
3. Mengkaji hubungan film kartun naruto dan pengaruhnya tehadap peubahan perilaku anak


F. Manfaat Penelitian

Adapun manfaat penelitian ini adalah:

1. Untuk menambah wawasan dan pengetahuan penulis khususnya dalam masalah film kartun Naruto

2. Hasilpenelitian ini diharapkan dapat dijadikan pemecahan masalah bagi orang tua dalam mendidik anak.

3. Sebagai bahan perbandingan bagipenelitian selanjutnya untuk masalah yang sama


SUMBER : WIKIPEDIA PENELITIAN TENTANG FILM NARUTO

1 komentar: